Posted by : Fatinah Munir 25 July 2018




Misi Hidup dan Produktivitas

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mengerjakan NHW#7 dengan bersungguh-sungguh. Perbedaan dari orang yang sama-sama belajar itu adalah dari kesungguhannya. Ada yang hanya sekedar menggugurkan kewajiban yang penting sudah mengumpulkan NHW dan ada yang memang bersungguh-sungguh mengerjakan untuk menjadikannya ROAD MAP dalam kuliah kehidupannya. Maka di NHW #8 ini kita akan melihat bagaimana produktivitas seorang bunda bisa erat berkaitan dengan misi spesifik hidupnya.

Pola BE-DO-HAVE yang kita gunakan ini akan membuka mindset kita terlebih dahulu akan sebuah makna produktif, kemudian mengerjakan sesuai dengan jalan hidupnya, dan akhirnya mendapatkan hasil dan pencapaian yang cocok antara kehendak kita dan kehendak Allah. Hal ini akan membuat bunda lebih mantap melangkah, apalagi kalau dihubungkan dengan pertanyaan NHW#8.

Pertanyaan di NHW #8 itu saling berkaitan, mari kita simulasikan berrsama, kemudian aplikasikan sesuai dengan diri bunda masing-masing.

Ambil satu saja dari aktivitaa yang Anda SUKA dan BISA. Misalnya memasak.

Mental seperti apa yang harus Anda miliki untuk menjadi seperti yang Anda inginkan? (BE) Misalnya sebagai seorang individu, Anda sudah memiliki prinsip, baik saja tidak cukup, kita mesti beda. Kemudian memiliki prinsip tidak mau sekedar memasak.

Apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi seperti yang Anda harapkan? (DO) Misal saya mulai mencoba hal baru, termasuk resep baru setiap bulan. Sehingga muncul karya-karya unik. Saya sangat menyukai produk-produk gluten free, karena berkaitan dengan diri saya sendiri. Sehingga saya melakukan penelitian tentang prosuk makanan gluten free.

Apa yang akan Anda lakukan apabila Anda sudah memiliki yang Anda harapkan? (HAVE) Contohnya saya akan memiliki rumah "healthy food" , saya akan memiliki legacy dalam hidup saya ttg makanan "gluten free" ini sehingga anak Indonesia akan tumbuh dengan sehat tanpa bergantung dengan gandum.

Setelah itu kita susun langkah-langkahnya.

Life Time Purpose. Saya ingin memperjuangkan Indonesia Bebas Gandum, dengan mulai menghilangkan ketergantungan masyarakat terhadap gandum.


Strategic Planning. Dalam waktu 5 tahun ke depan saya ingin dikenal sebagai ahli gluten free, sehingga saya konsisten mempelajari hal tersebut mulai dar sekarang.

New Year Resolution. Dalam kurun waktu 2017-2018 ini saya ingin menerapkan program "One Month One Recipe" sehingga akan muncul 12 resep baru gluten free dalam 1 tahun ini, dan mengajarkannya kepada anak-anak dan keluarga di sekitar saya.

Apabila sampai sekarang Anda masih galau belum menemukan apa sebenarnya yang akan Anda lakukan, jangan khawatir. Mari kita kuatkan proses, karena proses itu HAK kita dan hasil itu HAK ALLAH.

Nah untuk lebih menguatkan proses, silakan buat list dan tempel di rumah, ada banyak contohnya di internet ya.

Ini contoh menguatkan BE-DO-HAVE mingguan sampai ketemu ranah produktivitas bunda. Tahapannya; ambil ranah yang Anda SUKA dan BISA dulu, simulasikan di form BE-DO-HAVE, susun lifetime purpose, strategic plan dan new year resolution, turunkan secara mingguan aktivitas-aktivitas yang harus Anda capai untuk bisa menjadi bunda produktif.

Demikian review NHW#8 silakan dicermati sekali lagi, karena ini akan menjadi pijakan untuk tahap berikutnya.

Salam Ibu Profesional,
Tim Matrikulasi Ibu Profesional

Sumber Bacaan :
David Y, The "Be Do Have" Paradigm, Avenue South, 2013
Tim Matrikulasi IIP, Misi dan Produktivitas, 2018
Hasil Nice Homework #8, peserta Matrikulasi IIP Batch #5

Disusun oleh Tim Matrikulasi Institut Ibu Profesional

@fatinahmunir | 25 Juli 2018




Leave a Reply

Terima kasih atas komentarnya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -