Posted by : Fatinah Munir 14 August 2018



Bunda Sebagai Agen Perubahan

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar bunda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.
Rumus yang dipakai adalah PASSION + EMPHATY = SOCIALVENTURE.

Socialventure adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan. Sedangkan social enterpreneur adalah orang yang menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur. Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki, sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam. Mulailah dari yang sederhana, lihat diri kita, apa permasalahan yang kita hadapi selama ini. Apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yang dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yang memiliki permasalahan yang sama dengan kita.
Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.
Bagaimana caranya? Buatlah table dengan tiga kolom yang berisi rumusan  PASSION,  EMPHATY , SOCIALVENTURE.

Selamat menjadi agen perubahan!

Everyone is a Changemaker
(Setiap orang adalah agen perubahan)

Salam Ibu Profesional
Tim Matrikulasi Ibu Profesional

Untuk menjawab tantangan kali ini, saya membuat draf saya sendiri terkait passion, emphaty, dan socialventure yang akan saya buat.

PASSION saya ada pada ​pendidikan autisme dan inklusi, literasi dengan hard skill dan soft skill​menulis juga mengajar.

EMPHATY yang saya punya berkaitan dengan social issue  ​penolakan pada anak berkebutuhan khusus (bully, takut mendekat atau didekati), anggapan disabilitas sebagai penyakit. Dampaknya anak berkebutuhan khusus kekurangan akses di lingkungan, sulit terlibat dalam lingkungan umum, dan sulit mandiri karena minim dukungan masyarakat. Maka sebagai sasaranya, saya membidik ​seluruh masyarakat awam, orang tua anak berkebutuhan khusus, dan guru umum.

SOCIALVENTURE yang saya buat adalah ​mensosialisasikan kedisabilitasan kepada masyarakat umum melalui platform media sosial, memberikan informasi dan bimbingan kepada orang tua anak berkebutuhan khusus dan guru umum. Ide ini terwujud dalam bentuk komunitas
bernama Kitainklusi.

Alhamdulillah, projek ini sedang berjalan dan sedang berproses untuk terus menjadi lebih baik agar bisa lebih bermanfaat buat masyarakat lebih luas. Kitainklusi ini bisa diakses melalui instagram @kitainklusi dan wesite www.kitainklusi.com. Berbagai pertanyaan mengenai kedisabilitasan bisa diajukan melalui email kitainklusi@gmail.com atau via DM instagram @kitainklusi.

@fatinahmunir | Jakarta, 14 Agustus 2018



Leave a Reply

Terima kasih atas komentarnya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

Get My Articels for Your Email

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -