Posted by : Lisfatul Fatinah 28 November 2012


Intervensi Dini Low Vision

Agar anak low vision yang telah direhabilitasi bisa hidup di lingkungan habitatnya secara inklusif, maka intervensi dini yang perlu dilakukan adalah:
  • Memberikan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan anak low vision.
  • Melakukan modifikasi lingkungan yang diperlukan seperti lingkungan rumahnya, sekolah dan kelasnya, lingkungan kerjanya dan sebagainya.
  • Membimbing orang sekitar penyandang low vision bagaimana hidup bersamanya.
  • Membentuk jaringan kerja dengan guru, orang tua, dan orang yang terlibat dengan anak dan orang low vision.

Program Pendidikan, Pelatihan, dan Simulasi Lain Bagi Low Vision

Di P2TLV, selain dilakukan identifikasi, asesemen, dan intervensi dini bagi anak low vision, dilakukan pula beberapa program tambahan untuk membantu mengefisensikan fungsional pengelihatan anak. Misalnya saja di ruang stimulasi belajar. Di ruangan ini anak diberi simulasi atau gambaran bagaimana ruangan belajar atau ruang kelas yang nyaman untuk anak low vision.

Di ruangan simulasi ini, anak bisa mensimulasi posisi duduk, gelap terang cahaya lampu yang dibutuhkannnya, simulasi menulis dan simulasi membaca yang akan dibimbing oleh simulator, serta simulasi kamar tidur anak yang nyaman untuk kemandirian anak.

Rekomendasi atau Tindak Lanjut bagi Low Vision

Setelah menjalani serangkaian proses identifikasi, asesmen, intervensi dini, dan simulasi atau pelatihan, tindak lanjut yang dilakukan P2TLV adalah memberikan layanan konseling dan rekomendasi sekolah kepada anak low vision.

Layanan konseling diberikan agar anak low vision dan keluarganya bisa mengetahui bagaimana dan seberapa jauh perkembangan fungsional pengelihatan yang masih dimiliki anak. Selain itu juga untuk mengetahui apa yang harus dilakukan anak dan keluarga low vision untuk ke depannya.

Rekomendasi sekolah dilakukan agar anak menerima layanan pendidikan yang memaham kebutuhan anak di kelas. Biasanya anak akan direkomendasikan ke SLB A Wyata Guna yang masih di bawah naungan YPWG.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Maaf, saya perlu info alamat lengkapnya PPTLV ini yang di bandung, terima kasih atas bantuannya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya :)

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

Get My Articels for Your Email

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -