Posted by : Lisfatul Fatinah 28 November 2012


Proses Asesmen yang Dilakukan di P2TLV

Untuk mengetahui apa yang sudah dimilik anak, yang belum dimilik anak, dan apa saja kebutuhan anak low vision, maka P2TLV melakukan serangkaian asesemen seperti di bawah ini.
a.     Penjaringan penyandang low vision.
  • Mengembangkan system penjaringan dan pendataan
  • Membentuk jaringan kerja dengan lembaga terkait.
  • Menerima klien dari puskesmas, rumah sakit, dokter dan umum.
b.        Pemeriksaan mata oleh dokter mata.
  • Menetapkan status penyakit, Penyebab dan masuk golongan low vision atau tidak.
  • Menetapkan sifatnya menetap atau menurun.
  • Menetapkan kebutuhan pengobatannya.
  • Melakukan referal ke low vision center.
c.      Asessmen klinis dan preskripsinya.
  • Menilai sisa penglihatan.
  • Menilai luas lantang pandang.
  • Memberikan gambaran tentang kemampuan yang bisa dilakukan.
  • Menilai dan menetapkan alat bantu yang dibutuhkan,
  • Memberi saran tentang latihan yang dibutuhkan.
  • Memberikan saran dan menilai modifikasi lingkungan yang dibutuhkan.
d.     Latihan dan konseling.
  • Memberikan latihan fungsi dan stimulasi penglihatan.
  • Memberikan latihan penggunaan alat Bantu penglihatan.
  • Mengevaluasi hasil assessment klinis,
  • Memberikan konseling pada klien dan orang tuanya.
  • Latihan Orientasi dan mobilitas.
  • Memberikan bimbingan pendidikan.
  • Memberikan bimbingan kerja.
  • Memberikan konseling tentang penyebab dari low visionnya, apa yang bisa, yang harus dan yang tidak bisa dilakukan oleh anak, orang tua dan lingkungannya.

Aspek-Aspek Asesmen pada Diri Low Vision di P2TLV

Dalam proses asesmen terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mengefisiensikan pengelihatan dan memfungsionalkan lingkungan low vision. Adapun aspek-aspek yang harus diperhatikan tersebut adalah:

·       Aspek Cahaya
Kita harus mengetahui seberapa besar intensitas cahaya, redup, dan terangnya cahaya yang dibutuhkan anak low vision dalam lingkungannya, terutama untuk lingkungan belajarnya.

·       Aspek Kontras
Kita harus mengetahui seberapa besar kekontrasan yang dibutuhkan anak low vision dalam lingkungannya, terutama untuk lingkungan belajarnya. Mengetahui aspek kekontrasan yang dibutuhkan anak ini perlu agar anak low vision dapat dengan mudah membedakan objek yang ada di lingkungannya.

·       Aspek Jarak
Kita harus mengetahui seberapa jauh kemampuan jarak pandang anak low vision. Hal ini agar kita mengetahui jarak nyaman yang dibutuhkan anak low vision untuk melihat objek dan untuk mengetahui bagaimana seharusnya konstruksi ruang belajar yang nyaman dan efisien untuk anak low vision yang bersangkutan.

·       Aspek Ukuran
Kita harus mengetahui ukuran yang nyaman di pengelihatan anak low vision. Aspek ukuran juga sangat perlu diperhatikan agar kita bisa mengetahui besar objek yang nyaman di mata anak, termasuk besar tulisan di papan tulis yang nyaman untuk menunjang proses belajar anak low vision.

·       Aspek Posisi
Kita perlu mengetahui posisi yang nyaman yang digunakan anak low vision untuk melihat. Aspek ini sangat penting sekali diketahui untuk merekonstruksi dan mendesain posisi tempat duduk anak low vision di dalam kelas. Sehingga, hal ini bisa memudahkan anak low vision dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Aspek Arah
Terakhir, kita perlu mengetahui bagaimana arah pengelihatan yang dibutuhkan anak untuk kenyamanannya beraktivitas, terutama dalam keperluan belajar.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. just share info aja , bagi yg minat membeli kursi roda cp (cereblral palsy) dapat buka di link ini: http://kursiroda.net/Kursi-roda-anak-cp-cerebral-palsy.htm

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya :)

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -