Posted by : Lisfatul Fatinah 28 August 2012


Gangguan atau hambatan emosi dan tingkah laku yang dialami anak GETL mempunyai dampak negative bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sosialnya. Perasaan tidak berguna bagi orang lain, perasaan rendah diri, tidak percaya diri, perasaan bersalah, dan lain sebagainya menyebabkan anak GETL merasakan adanya jarak dengan lingkungannya.
Salah satu dampak serius yang dialami anak GETL adalah tekanan batin berkepanjangan sehingga menimbulkan perasaan merusak diri sendiri. Apabila anak GETL kurang mendapatkan perhatian dan penanganan dengan segera, anak GETL akan semakin terperosok dan jarak yang memisahkan anak dari lingkungan sosialnya akan semakin bertambah besar.
Terkait tekanan batin yang berkepanjangan ini, Schloss (Kirk dan Gallagher, 1986) disebabkan oleh ketidakberdayaan yang dipelajari dan tidak mampu merespon dengan baik terhadap stimulasi sosial, keterampilan sosial yang minim, dan konsekuensi paksaan yang berpengaruh pada tekanan batin yang berlarut-larut.
Untuk menghadapi hal-hal di atas, kita hendaknya dapat memngaruhi lingkungan mereka, mengajar, dan menguatkan keterampilan sosial antarpribadi yang lebih efektif, serta menghindarkan mereka dari ketergantungan dan penguat ketidakberdayaan.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Terima kasih atas komentarnya :)

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

Get My Articels for Your Email

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -