- Back to Home »
- Gangguan Pendengaran »
- Perspektif Pendidikan Tunarungu Bag. 3 (Permasalah ATR)
Posted by : Lisfatul Fatinah
09 March 2012
Analisis permasalah anak tunarungu sebagai landasan pengembangan kurikulum
- Akibat ketunarunguannya anak tunarungu tidak mengalami masa pemerolehan bahasa (pada usia < 2 tahun)
- Akibat tidak mengalami masa pemerolehan bahasa, anak tunarungu tidak dapat berkembang bahasanya.
- Akibat miskin bahasa, anak tunarungu mengalami masalah dalam komunikasi dalam pendidikannya.
- Akibat ketunarunguannya, anak tunarungu tertinggal dalam segala aspek kehidupan.
Ketika seorang anak sudah divonis sebagai anak penyandang tunarungu, bagaimana mengatasi berbagai permasalahan yang timmbul akibat ketunarunguannya?
Seorang tokoh tunarungu bernama Ludwig Wetgenstein mengatakan, “Batas bahasaku adalah batas duniaku.” Luwig berkata demikian karena keterbatasan komunikasi yang dimiliki anak tunarungu memang membatasi kehidupan mereka. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan ketunarunguan adalah dengan memberikan keterampilan berkomunikasi dan berbahasa.