Posted by : Lisfatul Fatinah 09 March 2012

Istilah-istilah yang sering digunakan untuk anak berbakat adalah sebagai berikut:

  1. Supernormal: istilah untuk anak yang memiliki kecerdasan tinggi (IQ 110-200)
  2. Klasifikasi berdasarkan tingkah IQ: berdasarkan tingkatan IQ-nya anak berbakat dibagi menjadi superior (IQ 110-125), gifted (IQ 125-140), dan genius (IQ 140-200)
  3. Menurut William Stern, IQ adalah indeks daripada derajat intelejensi seseorang.
Menurut James Page, IQ adalah kecerdasan seseorang yang diperoleh dengan membagi umur mental dengan umur kronologi individu. Jadi, IQ menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang pada rata-rata usianya.
  1. Gifted dan Talented
Gifted adalah anak yang mempunyai kemampuan  intelekstual tinggi. Anak gifted memiliki kemampuan berpikir dengan ditandai IQ yang tinggi (140) dan adanya kecakapan khusus yang menonjol pada satu bidang tertentu. Bidang ini tergantung pada bakat bawaan masing-masing anak (intelektual atau akademik). Dan, setiap anak memiliki bakat bawaan yang berbeda.
Talented adalah anak yang menonjolkan kecakapan khusus yang bidangnya berbeda dengan anak lain. Anak talented hanya memiliki kemahiran pada satu bidang saja dan hanya di bidang nonakademik, seperti music, olahraga, melukis, drama, dan lain-lain.

Leave a Reply

Terima kasih atas komentarnya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

Get My Articels for Your Email

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -