Posted by : Lisfatul Fatinah 03 October 2012


Anak dengan disabilitas intelektual berbagaimacam kelompoknya. Untuk mengklasifikasikan kelompok anak disabilitas intelektual biasanya dilakukan pengukuran dengan tes Stanford Binet dengan pengelompokan berdasarkan Skala Weschler (WISC). Dalam Skala Weschler, anak disabilitas intelektual dibagi menjadi tiga kelompok, yakni anak disabilitas intelektual ringan, sedang, dan berat. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah penjelasan dari tiga kelompok tersebut.

a.     Disabilitas Intelektual Ringan (Moron atau Debil)
Menurut Binet anka pada golongan ini memiliki IQ antara 68-52, sedangkan menurut Skala Weschler memiliki IQ anatra 69-55. Anak pada golongan ini masih bisa belajar membaca, menulis, dan menghitung dengan sederhana. Dengan pelayanan dan bimbingan pendidikan yang baik, anak pada golongan ini pada saatnya akan dapat mendiri dan memperoleh penghasilan untuk dirinya sendiri.
Pada umumnya, anak disabilitas intelektual tidak memiliki gangguan fisik. Oleh karena itu, agak suka membedakan secara fisik antara anak disabilitas intelektual dengan anak pada umumnya.

b.     Disabilitas Intelektual Sedang (Binet)
Pada Skala Binet anak pada kelompok ini memiliki IQ antara 51-36 dan 54-40 pada Skala Wescheler. Anak dalam kelompok ini sangat sulit bahkan tidak dapat belajar secara akademik seperti belajar membaca, menulis, dan mneghiting. Kendati demikian, anak dalam kelompok ini masih dapat menulis secara sosial, seperti menulis namanya sendiri, alamat rumahnya, dan lain-lain.
Mereka yang ada dalam kelompok ini masih dapat dididik untuk mengurus diri, seperti mandi, berpakaian, makan, minum, mengerjakan pekerja rumah tangga seperti menyapu, mengepel, dan pekerjaan sederhana lainnya.
Dalam kehidupan sehari-harinya, anak disabilitas intelektual sedang membutuhkan pengawasan yang terus-menerus. Mereka juga masih dapat bekerja di tempat kerja terlindungi (sheltered workshop).

c.      Disabilitas Intelektual Berat
Anak disabilitas intelektual berat dibagi lagi ke dalam dua bagian, yakni disabilitas intelektual berat (severe) dan disabilitas intelektual sangat berat (profound). Pada Skala Binet, disabilitas intelektual berat memiliki IQ antara 32-90, sedangkan pada Skala Weschler memiliki IQ  antara 39-25. Anak disabilitas intelektual sangat berat pada Skala Binet memiliki IQ kurang dari 19 dan kurang dari 24 pada Skala Weschler.
Anak disabilitas intelektual pada kelompok ini membutuhkan bantuan perawatan secara total. Bahkan, mereka memerlukan perlindungan orang lain sepanjang hidupnya.




Tabel Klasifikasi Anak Disabilitas Intelektual Berdasarkan IQ


Jenis Disabilitas Intelektual
IQ
Skala Binet
Skala Weschler
Ringan
68-52
69-55
Sedang
51-36
54-40
Berat
32-19
39-25
Sangat Berat
<19
<24
Sumber: Blake, 1976

Leave a Reply

Terima kasih atas komentarnya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

Get My Articels for Your Email

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -