Posted by : Fatinah Munir 16 November 2016


Bismillahirrahmanirrahim

Setelah kemarin saya posting info tentang berbagai macam transportasi menuju Pare, Kampung Inggris, Kediri. Sekarang adalah bagian lain yang pasti diperlukan teman-teman selama belajar di Pare; tempat tinggal.

Find Your New Home!
HOME STAY INFORMATION

Ada banyak tempat untuk tinggal di Pare. Sebagian besar rumah penduduk dijadikan kostan dan sebagian lagi merupakan asrama yang biasanya dimiliki oleh lembaga kursus.

Kostan (Rented Room)

Jika teman-teman termasuk orang yang suka jam belajar yang bebas, ketenangan, dan ingin bebas mengeksplore Pare dan Jawa Timur di samping belajar, maka kostan atau rented room adalah pilihan yang cukup tepat. Kostan di Pare memiliki banyak variasi, mulai dari satu kamar untuk satu orang hingga kosan yang bisa memuat empat orang dalam satu kamar.

Teman-teman juga bisa memilih kosan dengan kamar mandi di dalam (private bathroom) atau kamar mandi luar (shared bathroom). Di samping itu, beberapa kostan yang saya pernah kunjungi (karena mengunjungi teman ataupun membantu teman mencari tempat tinggal) bahkan menyedian televisi layar di dalam kamarnya. Tapi perlu diingat, harga yang kita keluarkan akan setimpal dengan fasilitas yang akan kita terima.

Di Pare, teman-teman juga akan menemukan rumah penduduk yang sekaligus dijadikan warung makan juga kostan. Kostan jenis ini biasanya banyak diperuntukkan kepada dan sangat dicari oleh students laki-laki. Hal ini dikarenakan biasanya ibu kost (Landlady) akan  sering memberikan makanan cuma-Cuma dari warung nasinya atau akan memberikan harga yang sangat murah untuk anak-anak kostannya. What a big deal! Cocok untuk teman-teman yang ingin menekan pengeluaran selama di Pare.

Untuk informasi biaya kost di Pare ini sendiri sangat bervariasi. Berdasarkan info yang saya ketahui pada 2015-2016, biayanya berkisar 225.000-500.000, tergantung fasilitas yang akan teman-teman dapatkan.

Asrama

Jika teman-teman mengambil kelas kursus bahasa INggris di Pare, teman-teman biasanya akan mendapat pertanyaan tentang tempat tinggal saat mendaftar program kelas di tempat kursus. Jika temna-teman belum memiliki tempat tinggal, maka lembaga kursus akan menawarkan tempat program kelas plus tempat tinggal –yang selama di Pare akan lebih familiar disebut Camp.

As information, istilah camp, boarding house, dormitory (dorm) sama dengan asrama pada umumnya yang memiliki berbagai program. Maka jika teman-teman memilik tinggal di asrama, teman-teman akan mendapatkan kelas tambahan di asrama pada malah hari atau pagi hari setelah jam shalat subuh, atau bahkan pada pagi dan malam hari. Hal ini jelas menjadi nilai positif bagi teman-teman yang ingin menghabiskan waktu belajar penuh di Pare, karena biasanya biaya camp lebih murah daripada kost dan pelayanan yang lebih baik daripada di kost. Akan tetapi tinggal di dalam asrama bukanlah pilihan yang cukup baik bagi teman-teman yang ingin belajar sambil bersantai di Pare, karena jadwal belajar di asrama akan membuat jadwal kelas semakin padat dan pasti menambah jam untuk menghapal vocabulary atau teori-teori grammar.

Untuk biaya camp biasanya dikenakan 250.000-475.000 dengan fasilitas kamar untuk dua-empat orang, kamar mandi dalam (private bathroom) atau kamar mandi luar (shared bathroom), air minum, jasa pembersih ruangan, mengganti sprai kasur dan sarung bantal sekali dalam sebulan, dan juga kelas untuk pagi dan malam.

Selain fasilitas di atas, kebanyakan asrama memiliki peraturan English Area atau mewajibkan penghuninya menggunakan bahasa Inggris selama 24 jam non stop. Beberapa asrama meringankan peraturannya dengan memberi waktu English Area khusus jam 5.00 sampai dengan 21.00.


Kebanyakan kost (rented room) dan asrama di Pare memfasilitasi free internet connection (Wifi) untuk penghuninya. Hal ini dikarenakan jaringan di internet di Pare adalah salah satu kunci belajar melalui Youtube ataupun learning English website bagi yang suka menambah ilmu di luar kelas secara autodidak.

I supposed that is all sedikit informasi tentang alternatif selama tinggal diPare, Kampung Inggris, Kediri berdasarkan pengalaman saya selama 2015-2016. Semoga bermanfaat.

Jika ada info terbaru yang teman-teman tahu, teman-teman sangat diperbolehkan menambahkan info tersebut di kolom komentar. Thanks a bunch for reading :)

Leave a Reply

Terima kasih atas komentarnya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

Get My Articels for Your Email

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -