Posted by : Fatinah Munir 12 April 2015

Sudah hampir dua puluh kali revisi untuk bab IV dan bab V tugas akhirku. Dosen pembimbingku pun mengizinkanku untuk maju mempresentasikan hasil penelitian. Aku pikir jalanku akan mulus-mulus saja jika aku sudah dinyatakan boleh maju mempresentasikan hasil penelitian, tapi nyatanya tidak. Huft!

Saat jadwal seminar hasil penelitian diumumnya, ternyata jadwalnya sangat lama. Masih sepuluh hari jaraknya sejak jadwal seminar diumumkan. Dosen pengujiku bilang kalau aku tidak akan bisa mengikuti jadwal wisuda semester ini jika aku mengikuti jadwal yang ada. Maka dosen pengujiku menyarankanku untuk meminta perubahan jadwal kepada dosen kepala penguji.

Nasib! Hari itu kepala penguji tidak ada di kampus begitu pun dengan tim pelaksana ujian. Bermodalkan nekad, aku menelpon dua dosen yang bertugas di tim pelaksanaan ujian akhir. Aku memita jadwal ujianku dimajukan dengan alasan seperti yang diberitahukan dosen pengujiku –agar aku bisa mengejar wisuda di semester tujuh.

Bersyukur Alhamdulillah, kedua dosen yang kuhubungi menerima permohonanku untuk ujian lebih awal, yakni hari Selasa depan. Tepatnya tiga hari lagi.

The day is comes!  Aku mempresentasikan hasil penelitianku tanpa kehadiran dosen pembimbing kedua. Hari itu beliau sedang kuliah di Bandung. Lagi-lagi beruntungnya aku bisa, tidak ada perbaikan berarti yang harus aku lakukan terhadap tugas akhirku. Insya Allah bisa aku selesaikan dalam waktu satu malam dan esok harinya bisa aku berikan kepada dosen penguji dan dosen pembimbingku. Tapi berita buruknya, pekan depan aku harus ikut sidang. Mau tidak mau, segalanya harus dilakukan lebih cepat dari sebelumnya. Oh. My. God!


Mak, Aku Sarjana!



Dengan segala peluh dan airmata –I’m really serious about this!, aku menyelesaikan tugas akhir dan bisa mengikuti sidang di waktu yang sangat mepet. Hingga pada tanggal 27 Februari 2015 aku dinyatakan lulus sebagai sarjana pendidikan. Tapi aku belum bisa bersantai-santai. Masih banyak berkas yang harus diurus sebelum waktu wisuda datang. Ahay! Kembali berpusing ria dengan berkas dan tanda tangan! :D

Alhamdulillah. Selasa, 24 Maret 2015. Aku bersama empat puluh teman sesame mahasiswa Pendidikan Luar Biasa akhirnya diwisuda di Jakarta International Expo, Kemayoran. Emak, Bapak, Ong, Nti, dan Naufal ikut datang. Teman-teman dekatku juga datang. Mengharukan sekaligus menyenangkan. Yang paling melegakan adalah aku akhirnya bisa membayar janjiku kepada emak untuk merampungkan kuliahku tiga setengah tahun saja.

Selanjutnya, saatnya bersiap memenuhi janjiku yang lainnya pada emak. Bersiap mencapai impian selanjutnya! Bismillah!

© Lisfatul Fatinah Munir

Orchid House, 12 April 2015

Leave a Reply

Terima kasih atas komentarnya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

Get My Articels for Your Email

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -