Posted by : Fatinah Munir 26 February 2018


Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, beberapa hari lalu saya belajar lagi tentang cara belajar. Inti dari materi kemarin sebenanrya bagaimana menjadi diri sendiri, bahkan dalam hal belajar. Contohnya adalah mulai dari ketertarikan kita terhadap ilmu. Setiap orang pasti punya ketertarikan pada ilmu yang berbeda, kalau pun sama pasti aka nada perbedaan dari keilmuan yang kita tekuni. Lalu cara kita belajar pasti berbeda dong ya, sebab itu setiap orang mempunyai strategi yang berbeda dalam belajar. Terakhir yang paling penting, kita juga harus mempunyai semangat belajar yang berbeda. Semangat yang kita punya semestinya bukan berorientasi pada apa yang akan kita peroleh, melainkan mengapa kita merasa perlu mempelajari hal tersebut.

Lalu kenapa harus berbeda? Sebab hanya kita yang tahu diri kita sendiri dan hanya kita yang tahu apa yang membedakan diri kita dengan orang lain. Tujuan utamanya sebenarnya agar kita bisa menikmati setiap proses pembelajaran, karena kita membuat semua proses belajar kita berbeda berdasarkan siapa dan apa kebutuhan kita. Dengan demikian insya Allah kita akan semakin senang belajar, menikmati setiap proses belajar kita, lalu semakin mudahlah kita mencapai target yang kita punya.  ^^3

Nah, terkait materi ini tugas yang saya terima adalah membuat desain pembelajarannya sendiri. Saya sempat bingung bagaimana membuat desain pembelajaran untuk diri sendiri. Hehehe. Padahal sebagai guru, semestinya saya sudah terbiasa dengan desain pembelajaran. Baiklah, di sini saya akan berbagi sedikit bagan yang saya supaya dalam desain pembelajaran untuk diri saya sendiri. Saya menamai desain pembelajaran ini Fatinah Learning Design Ver. 1.0 (FLD Ver. 1.0). Sengaja saya buat berversi sebab saya sadar desain pembelajaran ini akan berubah suatu hari nanti, mengikuti kebutuhan saya.

Oh iya, sebelum menyusun FLD Ver. 1.0 ini saya sempat membaca semua tugas yang sebelumnya sudah saya kumpulkan. Kemudian saya menyusun ulang kerangka hidup yang saya punya dari tugas-tugas tersebut dan inilah yang saya dapatkan.

Pertama saya menetapkan peran dan misi kehidupan saya, agar aktivitas beajar saya bisa selaras dengan peran dan misi kehidupan saya. Kedua saya menentukan landasan saya dalam menuntut ilmu, hal ini agar selama proses belajar berlangsung saya bisa tetap mengacu pada landasan ini. Ketiga adalah menentukan outcome atau hasil dari seluruh proses belajar yang saya harapkan. Menentukan hasil belajar ini penting buat saya, yakni jika suatu saat saya belajar dan tidak mendapatkan outcome yang saya harapnya, itu artinya ada yang salah dalam belajar saya. Hehehe.

Terakhir dan yang terpenting adalah menyusun strategi belajar. Saya menurunkan hal-hal di atas ke dalam hal-hal spesifik dalam belajar. Topik ilmu, materi, metode belajar, hingga sumber belajar saya tuliskan dalam bagan ini.

So, kurang lebih seperti itu proses pembuatan bagan Fatinah Learning Design Ver. 1.0 ini. Teman-teman bisa melihat desain belajar saja seperti di bawah ini.

3 Peran dan 3 Misi Kehidupan
Learning Foundation
Learning Outcome
Ilmu Menjadi Hamba yang Profesional
Ilmu menjadi Ibu Profesional
Ilmu Menjadi Pendidik Autisme dan Inklusivitas Profesional 2

Ilmu Menjadi Pendidik Autisme dan Inklusivitas Profesional 1
Ilmu penunjang keporfesionalismean
***

Kurang lebih begitulah Fatinah Learning Design Ver. 1.0 yang saya buat. Besar kemungkinan saya akan memperbaikin desain ini, sebab saya merasa masih banyak yang kurang. Hehehe.

Tapi di luar kesempurnaan desain pembelajaran yang saya buat, semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Semoga tulisan ini bisa menginpirasi pada kebaikan. Allahumma amiin.^^

@fatinahmunir | 26 Februari 2018

Leave a Reply

Terima kasih atas komentarnya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

You are The

Hallo Happy Readers!

Hallo Happy Readers!
Selamat datang di blog pribadi saya. Di blog ini teman-teman akan membaca tulisan-tulisan saya seputar pendidikan, kedisabilitasan dan inklusivitas, pengalaman mengajar, dan tulisan-tulisan lainnya yang dibuat atas inspirasi di sekitar saya. Semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat dan menginspirasi pada kebaikan. Selamat membaca!

Contact Me

@fatinahmunir

fatinahmunir@gmail.com

Educator | Writer | Adventurer

Berbakti | Berkarya | Berarti

My Friends

- Copyright © Fatinah Munir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -