- Back to Home »
- Belajar Menjadi Ibu Profesional »
- NHW MIIP #5: Fatinah Learning Design Ver. 1.0
Posted by : Fatinah Munir
26 February 2018
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah,
beberapa hari lalu saya belajar lagi tentang cara belajar. Inti dari materi
kemarin sebenanrya bagaimana menjadi diri sendiri, bahkan dalam hal belajar. Contohnya
adalah mulai dari ketertarikan kita terhadap ilmu. Setiap orang pasti punya
ketertarikan pada ilmu yang berbeda, kalau pun sama pasti aka nada perbedaan
dari keilmuan yang kita tekuni. Lalu cara kita belajar pasti berbeda dong ya,
sebab itu setiap orang mempunyai strategi yang berbeda dalam belajar. Terakhir
yang paling penting, kita juga harus mempunyai semangat belajar yang berbeda.
Semangat yang kita punya semestinya bukan berorientasi pada apa yang akan kita
peroleh, melainkan mengapa kita merasa perlu mempelajari hal tersebut.
Lalu kenapa
harus berbeda? Sebab hanya kita yang tahu diri kita sendiri dan hanya kita yang
tahu apa yang membedakan diri kita dengan orang lain. Tujuan utamanya
sebenarnya agar kita bisa menikmati setiap proses pembelajaran, karena kita membuat
semua proses belajar kita berbeda berdasarkan siapa dan apa kebutuhan kita. Dengan
demikian insya Allah kita akan semakin senang belajar, menikmati setiap proses
belajar kita, lalu semakin mudahlah kita mencapai target yang kita punya. ^^3
Nah, terkait
materi ini tugas yang saya terima adalah membuat desain pembelajarannya sendiri.
Saya sempat bingung bagaimana membuat desain pembelajaran untuk diri sendiri.
Hehehe. Padahal sebagai guru, semestinya saya sudah terbiasa dengan desain
pembelajaran. Baiklah, di sini saya akan berbagi sedikit bagan yang saya supaya
dalam desain pembelajaran untuk diri saya sendiri. Saya menamai desain
pembelajaran ini Fatinah Learning Design Ver. 1.0 (FLD Ver. 1.0). Sengaja saya
buat berversi sebab saya sadar desain pembelajaran ini akan berubah suatu hari
nanti, mengikuti kebutuhan saya.
Oh iya,
sebelum menyusun FLD Ver. 1.0 ini saya sempat membaca semua tugas yang
sebelumnya sudah saya kumpulkan. Kemudian saya menyusun ulang kerangka hidup
yang saya punya dari tugas-tugas tersebut dan inilah yang saya dapatkan.
Pertama saya
menetapkan peran dan misi kehidupan saya, agar aktivitas beajar saya bisa
selaras dengan peran dan misi kehidupan saya. Kedua saya menentukan landasan
saya dalam menuntut ilmu, hal ini agar selama proses belajar berlangsung saya
bisa tetap mengacu pada landasan ini. Ketiga adalah menentukan outcome atau
hasil dari seluruh proses belajar yang saya harapkan. Menentukan hasil belajar
ini penting buat saya, yakni jika suatu saat saya belajar dan tidak mendapatkan
outcome yang saya harapnya, itu artinya ada yang salah dalam belajar saya.
Hehehe.
Terakhir dan
yang terpenting adalah menyusun strategi belajar. Saya menurunkan hal-hal di
atas ke dalam hal-hal spesifik dalam belajar. Topik ilmu, materi, metode
belajar, hingga sumber belajar saya tuliskan dalam bagan ini.
So, kurang
lebih seperti itu proses pembuatan bagan Fatinah Learning Design Ver. 1.0 ini.
Teman-teman bisa melihat desain belajar saja seperti di bawah ini.
3 Peran dan 3 Misi Kehidupan |
Learning Foundation |
Learning Outcome |
Ilmu Menjadi Hamba yang Profesional |
Ilmu menjadi Ibu Profesional |
Ilmu Menjadi Pendidik Autisme dan Inklusivitas Profesional 2 |
|
|
***
Kurang lebih
begitulah Fatinah Learning Design Ver. 1.0 yang saya buat. Besar kemungkinan
saya akan memperbaikin desain ini, sebab saya merasa masih banyak yang kurang.
Hehehe.
Tapi di luar
kesempurnaan desain pembelajaran yang saya buat, semoga tulisan ini bermanfaat
bagi siapa saja yang membacanya. Semoga tulisan ini bisa menginpirasi pada
kebaikan. Allahumma amiin.^^
@fatinahmunir | 26 Februari 2018